Minggu, 01 April 2012

multimedia [bag 3]


_Audio dan Video_
#    Frekuensi yaitu Banyaknya periode dalam 1 detik, Satuannya Hertz (Hz) ataucycles per second (cps), berdasarkan frekuensi, suara dibagi menjadi:
• Infrasound 0Hz –20 Hz
• Pendengaran manusia 20Hz –20 KHz
• Ultrasound 20KHz –1 GHz
• Hypersound 1GHz –10 THz
Amplitudo yaitu Keras lemahnya bunyi atau tinggi rendahnya gelombang. Dengan Satuan amplitudo adalah decibel (db). Bunyi mulai dapat merusak telinga jika tingkat volumenya lebih besar dari 85 dB dan pada ukuran 130 dB akan mampu membuat hancur gendang telinga
Velocity yaitu Kecepatan perambatan gelombang bunyi sampai ketelinga pendengar. dengan Satuan yang digunakan: m/s
 Pada udara kering dengan suhu 20 °C (68 °F)m,  kecepatan rambat suara sekitar 343 m/s.
 #     Sampling dikenal juga sebagai Analog to Digital Conversion (ADC) Adalah proses mengubah      amplitudo gelombang bunyi kedalam waktu interval, sehingga menghasilkan representasi digital dari suara.
#. Fungsi kerja dari ADC yaitu mengubah amplitudo gelombang bunyi ke dalam waktu interval, sehingga menghasilkan representasi digital dari suara. Sampling rate : beberapa gelombang yang diambil
dalam satu detik.
Fungsi kerja dari DAC (digital to analog conversion) yaitu Prosesmengubah digital audio menjadi sinyal analog.
• DAC hanyamenerima sinyal digital Pulse Code Modulation (PCM).
• PCMadalah representasi digital dari sinyal analog, dimana gelombang disample secara beraturan berdasarkan interval waktu tertentu, kemudian akan diubah ke biner. Proses pengubahan ke biner disebut Quantisasi.
• PCM ditemukan oleh insinyur dari Inggris, bernama Alec Revees pada tahun1937.
#  Digitalization dalam sinyal video,  Dalam aplikasi multimedia sinyal video harus diubah ke dalam bentuk digital agar dapat disimpan dalam memory komputer dan dapat dilakukan pengeditan.
        Sampling rate: mencari nilai resolusi horisontal, vertikal, frame rate untuk disample.
        Quantization: melakukan pengubahan sampling sinyal analog ke digital.
        Digitalisasi warna video: semakin banyak warna yang diwakilkan, maka semakin baik resolusi warnanya dan ukuran kapasitasnya juga makin besar
#. Interlaced adalah metode untuk menampilkan image/gambar dalam raster scanned display device seperti CRT televisi analog, yang ditampilkan bergantian antara garis ganjil dan genap secara cepat untuk setipa frame. Interface digunakan di sistem televisi analog :
·         PAL (50 fields per second,625 lines)
·         SECAM (50 fields per second,625 lines)
·         NTSC (59,94 fileds per second, 525 lines)
Progressive scan adalah metode untuk menampilkan., menyimpan dan memancarkan gambar dimana setiap baris untuk setiap frame digambar secara berurutan. Biasanya digunakan pada CRT monitor komputer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar