Senin, 02 April 2012

Dampak Perkembangan Multimedia

multimedia adalah suatu kombinasi data atau media (suara,gambar dan teks) yang menyampaikan suatu informasi sehingga informasi  itu tersaji menjadi lebih baik.
multimedia mempunyai peranan penting dalam membantu pekerjaan manusia sehingga pekerjaan tersebut lebih menarik dan lebih mudah untuk dipahami. salah satu dampak yang terlihat jelas untuk saat ini adalah dalam bidang pendidikan, sistem pembelajaran yang memanfaatkan multimedia, membuat pelajar lebih mudah dalam memahami pelajaran dan membuat pelajaran lebih menarik. manfaat yang dapat dirasakan dalam bidang lainnya seperti, di bidang Informasi dapat memnyampaikan informasi pariwisata, museum, dan galeri seni, di bidang hiburan seperti games, seni, dan pertunjukkan, di bidang kedokteran seperti dalam penggunaan  x-ray,scanner,dll., di bidang periklanan pada iklan televisi, bandara, dan kios.

Dampak Multimedia lainnya mampu :
1. Mengubah mengubah tempat kerja. Dengan adanya teleworking, para pekerja dapat melakukan pekerjaanya tidak harus dari kantor. Contoh software yang mendukung teleworking/telecommuting: Netmeeting!
2. Mengubah cara belanja. Homeshopping/teleshopping dapat dilakukan dengan menggunakan internet, kemudian barang datang dengan sendirinya.
3. Mengubah cara bisnis. Nokia membuat bisnis telepon seluler, banyak perusahaan menggunakan sistem jual beli online, bank menggunakan cara online-banking.
4. Mengubah cara memperoleh informasi. Orang-orang mulai menggunakan internet dan berbagai software untuk mencari informasi. Misalnya: membaca koran online, detik.com, menggunakan software kesehatan, belajar gitar dari software dan masih banyak lagi.
5. Mengubah cara belajar. Sekolah mulai menggunakan komputer multimedia, belajar online, menggunakan e-book.
6. Internet Multimedia juga mulai bersaing dengan televisi dan radio.


Jadi, dapat disimpulkan multimedia sangat memegang peranan penting dalam perubahan gaya hidup manusia sekarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar